Senin, 07 Mei 2018

CARA MENGATASI DEMAM PANAS PADA ANAK

CARA MENGATASI DEMAM/PANAS ANAK 

Demam pada anak bisa terjadi karena reaksi tubuh melawan penyakit dan membentuk sistem kekebalan tubuh. Umumnya panas demam pada anak tidak berbahaya jika anak masih aktif beraktivitas dan tidak kehilangan nafsu makan. Berikut cara mudah yang bisa dilakukan oleh orang tua dirumah :

1. Mengganti pakaian anak dengan bahan tipis dan nyaman
Gantilah pakaian anak dengan bahan yang tipis dan nyaman dipakai agar mudamengeluarkan panas dari dalam tubuh.
Jika pakaiannya terlalu tebal, anak akan mengalami panas berlebih sehingga membuat keadaannya  bisa semakin membahayakan.

2. Mengukur suhu tubuh anak dengan termometer
Sebaiknya selalu siap sediakan termometer dirumah karena panas demam adalah sesuatu yang alamiah dan bisa terjadi kapan sajaJika suhu tubuh anak di atas suhu tubuh normal (suhu normal 36,5ºC-37,5ºC) berarti anak sudah mengalami demam.
Lebih menyarankan untuk menyiapkan termometer berbentuk digital karena memudahkan dalam membaca suhunya.
3. Perbanyak Konsumsi air putih
Perbanyak minum air putih dipercaya dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang sehingga dapat menjaga cairan dalam tubuh tetap baik. Jangan tunggu anak merasa haus, namun selalu bujuk anak untuk banyak minum. Demam bisa membuat anak dehidrasi karena banyak panas tubuh yang keluar. Selain mengkonsumsi air putih bisa juga mengkonsumsi minuman jus buah, air kelapa, dan lain-lain.
4. Selimuti dengan kain yang tipis
Selimuti anak dengan kain yang tipis dan berbahan nyaman agar anak tidak mengalami panas berlebih dan bisa istirahat dengan nyaman. Jangan gunakan selimut tebal karena penggunaan selimut yang tebal memang memberikan efek panas, akan tetapi tidak dapat menurunkan demam. Hal ini dikarenakan selimut yang tebal dapat menghambat pelepasan panas yang berasal dari tubuh sehingga bisa membuat demam semakin memburuk. Sebaiknya gunakan selimut yang tipis saja agar memudahkan keringat keluar.
5. Kompres air hangat 
Untuk menurunkan demam, Anda seharusnya mengkompres dahi menggunakan air hangat bukan menggunakan air dingin bahkan air es. Karena apabila menggunakan air dingin untuk mengkompres dahi maka dapat membuat Anda menjadi tidak nyaman dan terkadang bisa merasakan pusing akibat kompresan air dingin tersebut.
6. Mandikan dengan air hangat
Mandi air hangat dapat menjadi terapi bagi anak untuk menurunkan suhu tubuhnya. Aturlah suhu air mandi anak agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Jangan terlalu lama memandikannya dan segera angkat anak dari bak mandi apabila ia terlihat menggigil kedinginan.
7. Pemberian Obat Demam
Obat demam yang saat ini banyak dijual adalah Paracetamol dan Ibu Profen. Dua jenis obat ini memang terkenal ampuh untuk menurunkan panas demam namun harus  tetap memperhatikan sesuai dengan dosis, umur dan ada yang memerlukan resep dokter. 
Silahkan bisa dibaca aturan pakainya sebelum membeli.

Demikianlah pembahasan mengenai demam pada anak yang bisa dilakukan di rumah. Tetapi jika panas lebih dari 3 hari tidak ada perbaikan dan semakin tinggi disarankan untuk melakukan pengecekan kesehatan ke dokter terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA MENGATASI DEMAM PANAS PADA ANAK

CARA MENGATASI DEMAM/PANAS ANAK  Demam pada anak bisa terjadi karena reaksi tubuh melawan penyakit dan membentuk sistem kekebalan tubuh...